5 Cara Memperbaiki Baju Rajut Yang Melar

Cara Memperbaiki Baju Rajut Yang Melar

Cara Memperbaiki Baju Rajut Yang Melar – Baju rajut memang berbeda dengan kaos, kemeja dan pakaian lainnya karena perbedaan inilah yang membuat baju rajut lebih mudah melar atau renggang daripada pakaian lain. Perbedaan cara pembuatan dan bahan baju rajut dan pakaian lain membuat baju rajut membutuhkan perawatan khusus agar menjaga kualitasnya supaya tidak mudah melar dan renggang.

Jika kamu berpikir untuk membuang baju rajut yang rusak atau melar maka urungkan niat kamu karena kami memberikan beberapa tips yang akan membantu kamu untuk memperbaiki baju rajut kamu yang rusak dan melar.

Untuk itu jangan berkecil hati apalagi langsung membuang baju rajut tersebut ke tempat sampah, sebelum itu mari simak selengkapnya artikel ini tentang 5 cara memperbaiki baju rajut yang melar. 

Apa Penyebab Baju Rajut Yang Melar?

Alasan mengapa baju rajut mudah melar yaitu dari pembuatan dan bahannya, kamu harus merajut benang demi benang dengan kesabaran yang ekstra karena membutuhkan waktu yang cukup lama dan kamu juga bisa merusaknya apabila mencuci baju rajut dengan cara yang salah, karena bila satu benang rajutan putus maka semuanya akan berantakan.

Selain itu baju rajut juga harus kamu simpan dengan baik sebagai bentuk perawatan dari baju rajut agar tidak mudah rusak. Pakailajh baju rajut dengan baik dan apik karena penggunaan yang sembarangan dan ceroboh bisa mengakitabkan baju rajut mudah melar dan rusak.

Baca Juga: CARA MEMILIH BAJU RESMI YANG DIPAKAI DILUAR KEMEJA

5 Cara Memperbaiki Baju Rajut Yang Melar

Ada beberapa cara atau metode untuk memperbaiki baju rajut yang melar, kamu bisa mencoba salah satu metode di bawah ini jika kamu memiliki baju rajut yang melar, yuk simak selengkapnya

Menyusutkan Melalui Peredaman Air

Merendam dengan air juga bisa mengembalikan baju rajut yang melar, salah satu metode yang sering digunakan ketika baju rajut kamu melar. Perhatikan langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Sediakan air hangat dan sabun cair
  2. Ambil baju rajut kamu kemudian rendam selama kurang lebih 30 menit
  3. Setelah 30 menit direndam, keluarkan baju rajut lalu peras perlahan
  4. Siapkan handuk dan letakkan di tempat yang datar
  5. Letakkan baju rajut di atas handuk tersebut
  6. Biarkan baju rajut mongering dan simpan di lemari

Jika mencuci baju rajut dengan air panas akan menyebabkan baju rajut kamu melar dan merenggang maka kamu juga bisa merendam baju rajut di air panas untuk memberikan efek sebaliknya. Siapkan air panas dan rendam baju rajut selama 5-10 menit (semakin lama semakin menyusut baju rajut).

Jangan Tarik dan aduk naju ketika direndam dalam air panas cukup di diamkan saja selama waktu tersebut, kemudian keringkan dengan cara meletakkan baju di atas handuk dengan posisi yang tidak terlipat, dan lihat hasilnya.

Merajut Kembali Bagian Yang Melar

jika kamu punya baju rajut yang melar namun kamu memiliki ketrampilan menjahit dan merajut maka gunakan cara kedua ini. Kamu perlu mengecilkan bagian baju rajut yang melar kemudian menjahit ulang baju rajut tersebut.

Hal ini biasanya dilakukan oleh orang yang membuat baju rajutnya sendiri sehingga dia bisa memperbaikinya sendiri, namun jika kamu tidak memiliki keterampilan menjahit dan merajut maka berikan baju rajut melar kamu ke tempat jahit dan biarkan penjahit yang memperbaiki baju rajut kamu.

Menggunakan Pengering Rambut Untuk Mengecilkan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencipratkan atau menyemprotkan sedikit air ke permukaan baju rajut, jangan terlalu basah!

Kemudian ambil dan nyalakan pengering rambut lalu arahkan ke bagian-bagian baju rajut yang melar. Lakukan hingga baju rajut menyusut. 

Menjahit Kembali Dengan Benang Rajut Yang Lebih Tebal

Cara keempat ini hampir sama dengan cara kedua, kamu perlu menjahit kembali bagian yang melar menggunakan benang yang cukup tebal untuk mengurangi melar pada baju rajut, namun jika kamu tidak memiliki keterampilan menjahit maka serahkan kepada tukang jahit.

Menggunakan Solusi Alami Untuk Mengecilkan

Cara terakhir adalah menyimpan baju rajut di tempat yang bersuhu hangat dan dengan posisi dilipat jangan di gantung, dengan begitu baju akan menyusut dengan sendirinya selama kamu tidak melakukan kesalahan yang membuat baju rajut melar kembali.

Beberapa cara untuk mengembalikan baju rajut yang melar, lakukan cara tersebut dengan baik dan benar kemudian selebihnya kamu hanya perlu merawat baju rajut agar tidak melar kembali atau bahkan rusak.

Baca Juga: CARA MENGHILANGKAN NODA LUNTUR PADA BAJU BEWARNA DENGAN VANISH

Tips Merawat Baju Rajut Agar Tidak Melar

Agar baju rajut kamu tidak melar maka perhatikan tips berikut ini, karena perawatan baju rajut terbilang cukup khusus karena bahan yang digunakan adalah bahan wol.

Mencuci

Hindari mencuci baju rajut dalam mesin cuci karena itu akan membuatnya semakin melar, karena putaran mesin cuci memaksa benang-benang yang ada di baju rajut untuk merenggang sehingga ketika selesai dicuci baju rajut akan melar.

Kamu hanya perlu mencuci baju rajut dengan cara merendam dengan air sabun tanpa harus mengucek apalagi menyikat baju rajut.

Jangan jemur dengan gantungan

Hindari menjemur baju menggunakan gantungan karena akan membuat baju rajut menjadi melar, cukup gunakan handuk sebagai tatakan atau dasar dan letakkan baju rajut di atasnya hingga kering.

Biarkan kering sempurna

Setelah kamu mencuci baju rajut biarkan kering secara sempurna untuk menghindari bau tidak sedap dan baju rajut yang melar. Ada kemungkinan baju rajut kesulitan untuk kering maka bolak-balikkan bagian luar dan dalam baju kemudian ganti hantuk tatakan baju rajut apabila sudah basah.

Tidak perlu disetrika

baju rajut berbeda dengan pakaian lain karena baju rajut didak perlu disetrika, namun kamu bisa mencoba menyetrika baju dengan suhu yang rendah pada bagian yang tersembunyi untuk mengetahi hasilnya, jika sekiranya tidak apa-apa maka silakan lanjutkan.

Hindari pemutih pakaian

Menggunakan pemutih pada baju rajut yang terkena noda akan membuatnya menjadi rusak. Untuk itu hindari penggunaan pemutih ketika mencuci baju rajut karena pemutih memiliki zat yang cukup keras untuk dapat merusak baju rajut.

Lipat baju rajut

Ketika menyimpan baju rajut sweeter atau sejenisnya jangan di gantung di dalam lemari tetapi cukup melipatnya dan letakkan di tempat penyimpanan yang cukup hangat.

Hindari penggunaan parfum

Parfume yang mengandung alcohol atau bahan kimia dapat merusak sehingga membuat baju rajut tidak awet, jika benar-benar terpaksa menggunakan parfum maka semprotkan dengan jarak yang cukup jauh agar tidak langsung mengenai permukaan baju rajut secara berlebihan.

Bahan yang bagus

Jika kamu membeli baju rajut di toko maka pilih bahan yang premium agar awet dan tidak mudah rusak atau melar.

Dengan cara merawat baju rajut agar tidak mudah rusak dan melar. Perhatikan juga pemakaian baju rajut karena pemakaian yang sembarangan dan ceorboh juga bisa membuat jau rajut dan melar. Sayangi baju rajut kamu agar awet dan tidak mudah rusak.

Baca Juga: CARA MEMBERSIHKAN BAJU PUTIH YANG KELUNTURAN

kesimpulan

Nah itu dia beberapa cara mengembalikan dan tips tambahan merawat baju rajut, karena baju rajut memiliki cara mencuci dan perawatan yang terbilang khusus ada baiknya untuk mengikuti panduan tersebut untuk menghindari resiko baju rajut yang mudah rusak dan melar.

Tampil Trendi dan Syar’i dengan Pakaian Muslim Berkualitas dari Muti Konveksi!

Percayakan desainmu pada kami untuk hasil yang memukau. Segera hubungi kami via WhatsApp untuk konsultasi dan pesanan: +628561005650. Jadikan gayamu istimewa dengan baju Muslim dari Muti Konveksi!

Dengan adanya artikel ini semoga kamu dapat merawat baju rajut kamu dengan baik dan benar. Sekian dan terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× CS Muti Konveksi