Cara Mengukur Baju Seragam Sekolah Dengan Tepat

Cara Mengukur Baju Seragam Sekolah dengan Tepat dan Baik

Cara Mengukur Baju Seragam Sekolah Dengan Tepat – Seragam merupakan pakaian yang kita gunakan setiap kita bekerja atau sekolah, baju seragam berbeda dengan baju kaos biasa karena jika kalian membeli seragam pada umumnya tidak sebanyak baju kaos, cukup satu hingga tiga stok di rumah maka ukuran seragam merupakan salah satu hal terpenting untuk membuat seragam yang kita pakai terasa nyaman dan awet untuk waktu yang lama.

Kita dapat menemukan seragam di platform online, toko atau pun di konveksi, setidaknya kalian sebagai pembeli harus tau bagaimana cara mengukur seragam. Pasti tidak sedikit di antara kalian yang pernah merasakan bahwa seragam yang kalian gunakan kebesaran, kekecilan, atau kepanjangan untuk menghindari kemungkinan seperti itu mari simak artikel ini selengkapnya untuk mengetahui bagaimana cara mengukur baju seragam dengan tepat.

Pentingnya Pengukuran Yang Tepat Untuk Baju Seragam Sekolah

Mengapa mengukur pakaian itu sangat penting? Karena ukuran sebuah seragam mempengaruhi tingkat kenyamanan dan tampilan seragam yang digunakan, apabila seragam terlalu besar atau terlalu kecil maka akan kurang nyaman digunakan dan kurang nyaman dilihat alasannya sederhana karena seragam merupakan pakaian wajib saat bekerja dan sekolah bukan fashion.

Disamping itu ukuran seragam yang pas dan nyaman ketika digunakan juga mempengaruhi tingkat keawetan dari seragam tersebut. Maka dari itu perlu diperhatikan dengan baik bagaimana caranya mengukur seragam dengan baik dan benar sehingga ketika anda mengguunakan seragam akan terasa cocok dan nyaman.

Terkadang tidak jarang kita temui seragam sekolah yang ukurannya agak oversize karena alasan agar awet, namun perlu di perhatikan jika penggunanyan tidak merasa nyaman maka apa gunanya. Jadi kenyamanan merupakan nomer satu dalam menggunakan seragam.

Baca Juga: KONVEKSI PAKAIAN MUSLIM MUTI: SEJARAH, KUALITAS DAN KEUNIKAN PRODUK

Langkah-Langkah Cara Mengukur Baju Seragam Sekolah, Ukuran Baju Seragam, Panduan Pengukuran Seragam Sekolah Yang Pas

Ada beberapa yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pengukuran seragam tujuannya untuk menghindari kekecewaan ketika baju yang dibeli atau dipesan tidak sesuai dengan apa yang sudah kita impikan.

1. Pengukuran Tinggi Badan

Yang pertama kali di perhatikan dalam mengukur seragam adalam menetahui tinggi badan anda, ukur tinggi badan menggunakan alat ukur yang anda miliki, tujuannya agar seragam tidak terlalu panjang atau terlalu pendek ketika digunakan sehingga membuat anda kurang cocok ketika menggunakannya, jika anda melakukan pemesanan di konveksi maka anda dapat menentukan ukuran yang cocok dengan cara mengukur dan membuat garis batas potong kemudian konveksi akan mngerjakan sesuai dengan keinginan anda.

2. Pengukuran Lingkar Dada

Pengukuran lingkar dada merupakan salah satu bagian pengukuran yang cukup sulit, mengingat ukuran dada berubah (mengembang dan mengempis) karena bernafas, ditambah lagi adanya perbedaan antara dada laki-laki dan perempuan. Untuk lebih detailnya cara mengukur dada lelaki dan perempuan akan dijelaskan dibawah ini.

  • Untuk mengukur bagian dada laki-laki cukup lingkarkan peta meteran dibawah ketiak ( ke arah dada) kemudian pilih bagian yang cukup tinggi seperti bagian putting fungsinya agar seragan ketika dibuat ukurannya tidak membuat penggunanya merasa sesak karena ukuran yang terlalu sempit.
  • Nah, untuk pengukuran ini cukup rumit karena ada hal yang harus diperhatikan yaitu bagaimana cara anda menyesuaikan ukuran seragam dengan ukuran cup dada. Caranya adalah ukur dada di bagian bawah ketiak dan ukur bagian yang paling membusung, untuk menguku cup anda cukup lingkarkan pita peteran tepat di bawah payudara. Setelah itu bulatkan ukurannya dan kurangi dengan ukuran payudara sebelumnya. Ini merupakan ukuran cup yang cukup akurat

3. Pengukuran Panjang Lengan

Jika anda melakukan pembelian atau pemesanan seragam berlengan maka panjang lengan jugaa harus di ukur, pertama-tama anda harus berada di posisi yang tepat, tekuk siku kemudian ukur dari bahu, siku hingga pergelangan. Cara seperti ini cukup efektif dibandingkan anda mengukur panjang lengan dengan merenggangkan tangan. Namun jika anda adalah tipe orang yang gemar melipat lengan kemeja atau seragam maka anda tidak perlu melakukan pengukuran panjang lengan

4. Pengukuran Lebar Bahu

Pengukuran lebar bahu bisa dilakukan dari depan dan belakang namun untuk lebih meyakinkan biasanya penjahit akan mengkur keduanya, caranya cukup mudah yaitu anda hanya perlu melebarkan pita meteran di bahu belakang anda tepatnya di tulang bahu terluar untuk menentukan ukuran jahitan bahu agar tidak terlalu besar dan turun kebawah.

5. Pengukuran Lingkar Pinggang

Pengukuran pinggang dilakukan dengan cara berdiri dengan keadaan kaki sedikit terbuka, kemudian lingkari pita meteran 15 cm di bawah pinggang, atau ukur bagian yang paling lebar. Saat melakukan pinggang jangan lingkarkan pita meretean terlalu ketat karena nanti hasilnya akan demikian, longgarkan sedikit agar memberi akes anda untuk bergerak.

6. Pengukuran Panjang Celana

Ada beberapa cara mengukur celana cara ini masih seing dilakukan ketika melakukan pembelian atau pembuatan celana.

a. Mengukur celana dengan lengan

Anda tidak perlu mencoba celuruh celana untuk mendapatkan ukuran yang pas sebelum melakukan pembelian, cukup ukur bagian pinggang celana dengan panjang lengan mu, hal ini lumrah diketahui karena sampai sekarang banyak banyak yang menerapkan tips ini. Jadi anda tidak perlu repot bolak-balik ke ruang ganti.

b. Rentangkan tangan untuk mengukur celana yang pas

Untuk menghindari resiko celana yang terlalu pendek, cara ini dapat anda coba sebelum melakukan pembelian. Caranya ambil celana dan pegang bagian bawahnya kemudian anda hanya perlu merenggangkan tangan semampunya ke arah yang berlawanan. Jika panjang celana kurang dari ukuran lengan yang anda renggangkan maka artinya celana yang anda pilih pendek, anda juga bisa melihat letak jahitan tengah celana jika berada di tengah leher  atau di bawah dagu maka panjang celana itu pas untuk anda.

c. Lingkatkan ukuran pinggang ke leher

Nah cara ini sedikit unik karena menyarankan anda untuk mengukur celana lewat lingkar leher, caranya ambil satu celana kemudian pegang sisi kiri dan kanan pinggang kemudian lingkarkan ke leher anda. Jika kedua sisi pinggang celana bertemu artinya celana yang anda pilih sudah pas, sebaliknya jika kedua sisi pinggang tidak bertemu artinya celana yang anda pilih kekecilan.

Baca Juga: TIPS MEMILIH JILBAB YANG COCOK UNTUK BAJU TUNIK

Tips Tambahan Untuk Pengukuran Yang Tepat

Beberapa tips tambahan ketika melakukan pengukuran pertama adalah usahakan siapkan alat ukur seperti pita meteran, pensil, pengaris dan sebagainya, lebih baik untuk menggunakan peralatan agar lebih meyakinkan ketika melakukan pengukuran. Khawatir jika anda menebak-nebak hasilnya tidak akan sesuai.

Untuk laki-laki yang menggunakan tipe seragam berkerah, maka leherjuga perlu untuk di ukur karena khawatir jika bagian leher terlalu sempit dan terasa sulit bernafas dengan baik

Kemudian ukuran selangkangan juga penting karena dengan ukuran celana sempit akan menyulitkan anda untuk beraktifitas dan akhirnya bagian tersebut akan terluka karena gesekan dan keringat sehingga menghambat pekerjaan anda.

Sebagai tips tambahan jika anda memiliki pakaian yang kebesaran maka jangan potong bagian tersebut untuk membuat pakaian anda menjadi pas namun cukup lipat bagian yang besar dan jahit menggunakan mesin karena hal ini akan membantu anda apabila suatu saat berat badan anda naik seragam tersebut masih bisa digunakan dengan membuka lipatan yang dijahit tadi.

Usahakan agar seragam yang anda kenakan benar-benar nyaman, ukuran yang pas sesuai dengan keinginan anda dan porsi tubuh anda sehingga tidak menganggu ketika melakukan aktivitas selama bekerja.

Jika anda ragu ketika melakukan pengukuran seagam sendiri maka berikan kepada penjahit, biarkan mereka yang mengukur anda hanya perlu memberikan masukan sisanya mereka yang mengatur, untuk memastikan bahwa anda tidak menyesal setelah melakukan pengukuran sendiri.

Kesimpulan

Melakukan pengukuran secara mandiri dapat anda lakukan dengan mengikuti petunjuk diatas namun untuk mengantisipasi resiko salah ukur ada baiknya kita memberikan hasil ukuran kita pada penjahit kemudian mencocokkan hasil ukuran anda dengan penjahit untuk dijadikan referensi.

Sekali lagi bahwa pengukuran seragam itu penting karena berbeda dengan kaos biasa jadi perlu di perhatikan dengan seksama agar ketika anda menggunakan seragam tersebut rasanya nyaman dan tidak menganggu aktivitas bekerja anda. Tips diatas bisa anda terapkan sebelum anda melakukan pembelian seragam. Semoga bermanfaat artikel tentang Cara Mengukur Baju Seragam Sekolah Dengan Tepat, sekian dan terima kasih.

Tampil Percaya Diri di Sekolah! Jahit Baju Sekolah Anda dengan Jasa Konveksi Muti. Klik di sini untuk konsultasi gratis!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× CS Muti Konveksi